Evolusi monitor

 


Evolusi monitor

    Evolusi monitor komputer telah signifikan selama bertahun-tahun, dengan kemajuan baru yang dibuat setiap tahun. Berikut ini adalah beberapa kemajuan teknologi utama yang telah membuat monitor modern menjadi luar biasa:

 

1.     Monitors CRT  (Cathode Ray Tube)

Monitor ini merupakan sebuah tabung penampilan data pemrosesan komputer yang banyak digunakan dalam layar komputer, monitor video, televisi, dan oskiloskop. Monitor tipe ini ditemukan oleh Karl Ferdinand Braund, dan dikembangkan oleh kerja dari Philo Farnsworth. Layar seperti ini banyak dipakai oleh pesawat televisi hingga akhir abad ke 20-an dan merupakan dasar pengembangan dari layar plasma, LCD dan teknologi TV lainnya.



Monitor CRT (Cathode Ray Tube) merupakan monitor generasi kedua dari monitor komputer yang  merupakan generasi pertama dari monitor komputer pada jaman modern. Saat ini minat terhadap monitor CRT sudah mulai ditinggalkan meskipun monitor CRT tetap diproduksi. Alasan mengapa pengguna mulai meninggalkan monitor CRT adalah dikarenakan oleh bentuknya yang besar dan berat sehingga memerlukan ruang ekstra untuk menempatkan monitor ini. Pengertian monitor CRT secara umum adalah ‘monitor cembung’ atau ‘monitor tabung’.

Monitor ini menggunakan teknologi radiasi magnetic serta electromagnetic yang cenderung merusak mata juga melelahkan mata jika bekerja terlalu lama didepannya. Pada hasil penelitian juga menyebutkan pengguna yang cenderung terlalu lama bekerja didepan monitor jenis ini akan mempercepat penuaan secara fisik karena dapat memicu pertumbuhan uban menjadi lebih cepat akibat radiasi yang ditimbulkan olehnya.

 

2.     Monitors LCD (Liquid Crystal Display)

LCD (Liquid Crystal Display) yaitu monitor yang layarnya menggunakan teknologi kristal cair sebagai penghasil grafis pada monitor. Cahaya pada monitor LCD berasal dari lampu neon berwarna putih, yang tersusun di belakang susunan pixel/kristal cair dengan jumlah sangat banyak, sehingga akan membentuk tampilan grafis. Kristal cair yang di lewati arus listrik akan terpolarisasi oleh medan magnetik, sehingga akan membiarkan warna-warna tertentu yang diteruskan sementara warna yang lainnya tersaring.

 



 

 

Banyak sekali kelebihan dari monitor LCD misalnya seperti radiasi tidak tinggi sehingga mata tidak cepat lelah, konsumsi listrik yang lebih hemat, kualitas grafis yang di hasilkan lebih jernih dan jelas, serta bentuk monitor yang ramping. Kekurangannya misalnya seperti layar LCD sangat sensitif karena tersusun dari kristal cair, jika terjadi kerusakan susah di perbaiki atau harga service-nya cukup mahal, dan memiliki sudut pandang yang terbatas.

 

 

 

 

 

3.     Monitor PDP (Plasma Display Panel)

Monitor PDP atau lebih dikenal dengan sebutan Monitor Plasma merupakan gabungan dari teknologi monitor CRT dan LCD. Sehingga monitor plasma mampu menghasilkan layar yang setipis LCD dan sudut pandang selebar layar CRT. Pada plasma, layar datar dimana cahaya yang dihasilkan dari fosfor untuk menampilkan grafisnya, sehingga warna yang di hasilkan lebih baik.

 

Monitor plasma memanfaatkan tegangan eksternal untuk pelepasan gas yang ada didalam panel untuk menghasilkan sinar ultraviolet, tapi gas yang dilepaskannya tidak mengandung merkuri. Lalu sinar-sinar tersebut akan memperoses warna red, green, dan blue, sehingga kualitas warna yang dihasilkan lebih baik. Seperti yang sudah disebutkan tadi bahwa monitor plasma menggunakan panel datar fosfor untuk menampilkan grafisnya.


 

Jadi dapat di ambil kesimpulan kelebihan monitor plasma yaitu, sudut pandang yang luas, bentuknya ramping, rasio kontras yang cukup tinggi, dan repoduksi warna yang baik. Sedangkan kelemahannya fosfor dapat kehilangan cahayanya seiring waktu sehingga kecerahan grafis dapat berkurang, dan konsumsi daya listrik cukup banyak.

 4.    Monitor OLED (Light Emitting Diode) 

Dapt di katakan Monitor LED ini merupakan pengembangan dari monitor LCD. Warna yang di tampilkan pada LED memiliki banyak peningkatan, dan memiliki lebih banyak variasi warna daripada LCD. Perbedaan dengan LED dengan LCD biasanaya monitor LED lebih tipis daripada monitor LCD. LED memiliki banyak fitur daripada LED, misalnya seperti LED dapat menjalankan teknologi toucscreen, Digital TV dan sebagainya. Perbedaan lainnya LED memakai pencahayaan menggunakan teknologi LED backlight.

 


Layar LED menggunakan pancaran cahaya diode sebagai sumber cahayanya. LED menggunakan diode untuk membuat banyak sekali vibrant maupun gambar dengan berbagai macam warna. Sehingga warna hitam akan menjadi benar-benar hitamtidak abu-abu, dalam TV LED misalnya memiliki kontras yang rasionya 500,000:1, dan juga dengan refresh rate yang sangat tinggi untuk membantu menonton acara-acara televisi yang penuh dengan banyak gerakan, misalnya seperti menonton acara sepak bola atau bermain video game. 

Dapat dikatakan monitor LED lebih baik daripada monitor LCD. Kelebihan LED diantaranya menghemat daya konsumsi listrik, tampilan display yang tajam/lebih baik, radiasi tidak tinggi sehingga mata tidak mudah lelah. Sedangkan kekurangannya jika mengalami kerusakan susah di perbaiki atau biaya service yang mahal.

 

 

 



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cinta Kasih Kepada Sesama Makhluk Hidup,Lingkungan Dan Tuhan

kasus pelecehan seksual di Indonesia